Berita

Closing Social Charity AKTI II

Karawang, akti.ac.id – Seiring dengan semangat Toyota untuk senantiasa memberikan manfaat bagi bangsa, pada (20-24/2) kolaborasi antara PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (PT. TMMIN) dan Akademi Komunitas Toyota Indonesia (AKTI) mengadakan kegiatan Social Charity di ring 2 PT. TMMIN Karawang plant. Kegiatan ini berisi sosialisasi tentang Management 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) dan Safety Awareness serta pengimplementasiannya. Seluruh siswa kelas X dan XI ikut berpatisipasi sedangkan siswa kelas XII melaksanakan Uji Kompetensi. Acara ini berlangsung dengan lancar mulai pagi hari hingga sore hari setiap harinya.

Kegiatan Social Charity ini dilaksanakan di SMK Jayabeka 02, Desa Karangligar,Telukjambe Barat, Karawang. Selain melakukan sosialisasi dan implementasi “Management 5R dan Safety Awareness”, pada kesempatan ini juga diselenggarakan perlombaan 5R and Safety Challenge yang diantaranya lomba Pidato, lomba Poster, lomba Yell-Yell, dan lomba Kelas Terbersih. Dalam pengimplementasian “Management 5R dan Safety Awareness”, ditemukan 107 abnormality dan 103 penanggulangan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa/i dan warga sekolah.

Closing Ceremony Social Charity II merupakan puncak dari kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at (24/2). Acara ini berisikan sambutan dari tamu undangan, penyerahan souvenir sebagai simbolik penutupan kegiatan, pengumuman pemenang lomba, berfoto bersama dan ditutup dengan demo dari mahasiswa/i AKTI.

“Kini saya menjadi mengerti tentang 5R. Mulai dari Ringkas, memisahkan barang yang diperlukan dengan yang sudah tidak diperlukan. Rapi, menempatkan barang sehingga kita mudah menjangkau dan mencarinya. Resik, membersihkan lingkungan sekitar kita. Rawat, menjaga agar 5R tetap diterapkan tidak hanya saat AKTI berada di sekolah ini tetapi juga seterusnya. Rajin, menjadikan 5R sebagai sebuah habit.” ujar Sutrisno Kepala SMK Jayabeka 02.

“Dalam beberapa bulan ke depan saya akan melakukan pengecekan di SMK ini untuk mengontrol apakah budaya 5R dan Safety Awareness ini masih terjaga, bisa saja saya datang ketika kepala sekolah sedang tidak ditempat. Saya juga berharap siswa-siswi SMK Jayabeka 02 ada yang bisa masuk ke AKTI.” tegas Surasa Suparta Management AKTI.

Diharapkan kegiatan Social Charity ini dapat menjadi motor dari program perbaikan masyarakat dan lingkungan di Indonesia. Melihat kondisi pelajar Indonesia saat ini yang membutuhkan sentuhan-sentuhan dari berbagai pihak untuk dapat berkembang lebih jauh, baik dari segi pendidikan, lingkungan, ataupun moralitas masyarakat.

Reported by: Erdianto dan Tim Jurnalistik AKTI

Leave a Reply