Berita

PERTANDINGAN DAN PERLOMBAAN DALAM MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA

KARAWANG – Sumpah Pemuda disahkan dalam Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27 – 28 Oktober tahun 1928. Ikrar tersebut menegaskan cita-cita pembentukan tanah air, Indonesia. Sebagai bentuk hormat terhadap momen bersejarah, Hari Sumpah Pemuda diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tahun sekali pada 28 Oktober.

Pada Hari Sumpah Pemuda (28/10/2018), mahasiswa/i Akademi Komunitas Toyota Indonesia mengadakan berbagai macam lomba menarik. Seperti yang sudah direncanakan, mahasiswa/i AKTI memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan lomba poster dan pertandingan olahraga seperti voli, tenis meja, dan catur di asrama mahasiswa AKTI.

Asrama mahasiswa sendiri terdiri dari satu komplek rumah, yang mana rumah – rumah tersebut dinamai “cottage” yang setiap cottage diberi nama dengan nama mobil merk Toyota, contohnya Cottage Fortuner. Setiap cottage ini terdiri dari 5 kamar yang setiap kamar terdiri dari 4 mahasiswa. Total ada 6 cottage yang dihuni oleh 95 mahasiswa.

Apa saja acara menarik yang berlangsung saat lomba di Hari Sumpah Pemuda? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Pertandingan Voli

Setiap cottage mengirimkan 4 tim untuk bertanding. Total ada 8 tim yang bertanding dengan sistem gugur. Pertandingan ini dilaksanakan di lapangan voli asrama. Babak penyisihan dimulai dari jam 08:30 dan berakhir pukul 11:00 WIB. Babak grand final dilanjutkan dengan babak final dimulai pukul 15:30 s.d. 17:30 WIB. Hasilnya, juara I dimenangkan oleh Cottage Fortuner, juara II oleh Altis, dan juara III oleh Innova.

 

Pertandingan Tenis Meja

 

Selain mengadakan pertandingan secara outdoor, mahasiswa juga mengadakan pertandingan indoor, yaitu tenis meja. Ada 20 pemain sebagai perwakilan setiap cottage/kamar untuk saling beradu ketangkasan dalam menghadang bola pingpong. Pertandingan ini dimulai pukul 11:00 s.d 13:00 WIB. Juara I diraih oleh Innova 2, Juara II diraih oleh Fortuner 2, dan Juara III diraih oleh Sienta 1.

 

Pertandingan Catur

Selain mengadakan pertandingan yang menguras fisik, mahasiswa juga mengadakan pertandingan yang mengasah otak seperti catur. Pertandingan ini melatih mental mahasiswa saat menghadapi ancaman yang tiba – tiba dan bagaimana harus bertahan. Pertandingan ini diikuti oleh 9 orang dari perwailan cottage, yang dimulai pukul 13:00 s.d 14:00 WIB. Juara I dipegang oleh cottage Innova, Juara II dipegang oleh Fortuner, dan Juara III dipegang oleh Vios.

 

Lomba Poster

 

Tidak hanya mengadakan pertandingan yang menguras fisik dan otak, mahasiswa juga mengadakan perlombaan poster yang bertujuan untuk melatih kreativitas dan inovasi. Pembuatan poster sendiri diberi waktu 1 minggu sebelum tanggal 28 Oktober 2018, sehingga poster dapat ditunjukkan pada Hari Sumpah Pemuda. Penilaian poster sendiri adalah pembagian nilai dari Pembina Asrama dan Panitia Perlombaan. Juara I dimenangkan oleh Cottage Rekreasi, Juara II dimenangkan oleh Fortuner, dan Juara III dimenangkan oleh Sienta.

 

Dengan diadakannya peringatan Hari Sumpah Pemuda melalui pertandingan dan perlombaan, diharapkan mahasiswa/i AKTI tetap ingat jasa para pahlawan dan mampu meningkatkan ketangkasan mahasiswa demi menghadapi era globalisasi dan revolusi industri di masa yang akan datang.

Leave a Reply