Gambaran Umum

Akademi Komunitas Toyota Indonesia sebagai pioneer pendidikan bidang manufaktur industri, terutama dalam pemeliharaan mesin dan otomasi di harapkan mempu menjadi agent of change yang memiliki peranan dan manfaat sebagai berikut

  1. Sebagai pusat benchmark pendidikan teknologi manufaktur di Indonesia
  2. Sebagai pusat benchmark terhadap teknologi baru untuk industri manufaktur
  3. Sebagai pusat benchmark untuk pengembangan mental dan attitude tenaga kerja manufaktur
  4. Ikut membantu masyarakat tidak mampu, terutama lulusan SMK untuk merasakan pendidikan tinggi dan juga meningkatkan angka partisipasi kasar.
  5. Membantu pemerintah dalam persiapan tenaga kerja kompeten untuk menghadapi MEA yang mulai bergulir tahun 2015.
  6. Membantu pemerintah mengurangi tingkat pengangguran.
  7. Ikut memacu industri manufaktur yang lain untuk mendirikan akademi komunitas demi persiapan tenaga kerja yang handal.
  8. Peningkatan pengetahuan skill dan pengetahuan dalam bidang industri dan manufaktur masyarakat melalui short course untuk mendorong pertumbuhan industri rumah tangga dan entrepreneurship.

gedung akti 1

Untuk mencapai hal tersebut, Akademi Komunitas Toyota Indonesia akan bersikap proaktif untuk mengantisipasi kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki mental yang kuat dan terampil dalam menghadapi MEA serta aktif sebagai pusat pengetahuan teknik manufaktur otomotif di Indonesia.

Dengan latar belakang yang telah disebutkan, maka pada saat ini dipandang sudah sangat perlu untuk membuka Program Studi Teknik Pemeliharaan Mesin Otomasi pada Akademi Komunitas Toyota Indonesia (Toyota Indonesia Academy).

Hal yang mendasari Toyota untuk bisa optimis dalam upaya pendirian akademi komunitas Toyota Indonesia adalah adanya kemampuan manajemen dari Toyota serta adanya prospek pasar yang cukup besar untuk lulusan Akademi ini nantinya.

Beberapa kemampuan dan kekuatan yang dioptimalkan untuk pendirian Akademi komunitas ini antara lain :

  1. Dukungan yang kuat dari manajemen Toyota baik berupa pendanaan maupun fasilitas.
  2. Pengalaman Toyota dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (karyawan) melalui Toyota Learning Center.
  3. Dukungan langsung dari Toyota Motor Corporation Jepang dalam pengembangan fasilitas dan peralatan sehingga teknologi yang digunakan selalu up to date.

Beberapa potensi yang dimiliki AK Toyota Indonesia antara lain :

  1. Keberadaan instruktur berpengalaman dari Karyawan Toyota yang sudah bergelut di bidangnya selama puluhan tahun.
  2. Potensi untuk berkembang masih sangat besar, mengingat kebutuhan proses manufaktur sangat beragam.
  3. Bisa digunakan sebagai tempat sertifikasi skill dan kompetensi dalam rangka menghadapi MEA.
  4. Lulusan akan dengan cepat diserap oleh industri karena sumber daya manusia di bidang pemeliharaan mesin otomasi saat ini masih sangat terbatas.

Tujuan :         

Mewujudkan institusi pendidikan yang unggul, komprehensif, dan juga mampu berkontribusi untuk bangsa Indonesia.

  • Unggul berarti institusi pendidikan ini mampu tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan dan terus mampu menghadapi tantangan zaman serta mengutamakan kesinambungan jangka panjang. Selain itu, unggu juga berarti terdepan diantara institusi pendidikan sejenis dalam hal pengembangan dan transfer teknologi.
  • Komprehensif berarti bahwa institusi pendidikan ini tak sekedar mengajarkan pengetahuan dan skill semata, namun juga mengembangkan kemampuan fisik (body) dan juga soft skill (mind) berupa leadership, communication skill, & attitude.
  • Berkontribusi bagi bangsa memiliki pengertian bahwa institusi pendidikan ini dapat berkontribusi sebesar-besarnya untuk industri otomotif dan juga dapat menjadi acuan bagi sektor lainnya untuk memberikan kontribusi sebesar-besarnya bagi peningkatan daya saing masyarakat Indonesia.