Sambutan Direktur AKTI

afien

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia-Nya, sehingga saya dapat dengan bahagia menyambut pembukaan Akademi Komunitas Toyota Indonesia pada hari yang akan menjadi tonggak sejarah dalam proses perjalanan AKTI dalam berkontribusi secara luas. Secara pribadi, saya sangat bangga memperkenalkan Akademi Komunitas Toyota Indonesia, sebagai jawaban atas tantangan global saat ini.

  Seperti yang kita ketahui saat ini, dengan dimulainya era perdagangan bebas antar Negara ASEAN melalui Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), maka produk-produk di dalam negeri dituntut untuk meningkatkan daya saing. Salah satu bidang yang menjadi concern adalah pada Industri Manufakturing Otomotif, dimana Indonesia merupakan salah satu pemain global. Maka dari itu, mengacu kepada prinsip “Make People before Make Product”, kita membutuhkan pemimpin-pemimpin produksi yang tidak hanya memiliki penguasaan teknologi, tapi juga memiliki karakter yang tanggap, yaitu memiliki sense of ownership, proaktif dan bertanggung jawab tinggi;  tangguh yaitu pantang menyerah dan selalu melakukan continuous improvement; dan tangkas, yaitu cekatan dan selalu siap untuk menyesuaikan perkembangan zaman.

  AKTI yang memiliki konsep boarding school ini dirasa sangat relevan terhadap tantangan tersebut, mengingat tidak hanya pendidikan skill saja yang akan diberikan, namun Pendidikan Skill sebesar 60%, Pengetahuan 20% dan Pendidikan Karakter (Body & Mind) 20%. Hal tersebut diimplementasikan ke dalam 4 fase pendidikan AKTI yaitu Fase Penanaman, yaitu pendidikan jasmani, kedisiplinan dan pembentukan pola pikir, serta keterampilan dasar produksi; fase penumbuhan, yaitu pendidikan ilmu pengetahuan, skill dan karakter; fase pengembangan, yaitu pemberian pengalaman bekerja melalui on the job development; dan fase pemantapan, yaitu aplikasi hasil pembelajaran.

  Pada angkatan pertamanya, AKTI telah melakukan seleksi di SMK-SMK terbaik di Indonesia yang menghasilkan 32 mahasiswa terbaik. Kekayaan budaya daerah yang dibawa secara otentik oleh mahasiswa ini harapannya akan memberikan warna Bhineka Tunggal Ika pada AKTI. Dari aspek kerjasama dalam pendiriannya, AKTI mendapat support dari Toyota Motor Corporation, Politeknik Manufaktur Bandung dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia untuk fasilitas dan teknologi, pengembangan kurikulum serta tenaga pengajar. Hal ini akan menunjang visi AKTI yaitu menjadi akademi komunitas terbaik di Indonesia di bidang manufaktur dengan terus berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia.

  Saya bahagia proses pendirian AKTI sesuai dengan schedule yang direncanakan mulai dari Grounbreaking pada Februari 2015 sampai dengan Opening AKTI pada October 2015. Hal ini merupakan sebuah prestasi tersendiri, karena itu saya ingin mengucapkan terimakasih kepada stakeholder yang telah bekerjasama yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Akhirnya, semoga  kedepannya kita diberikan konsistensi dalam mempersiapkan generasi muda bagi masa depan Bangsa dan Negara Indonesia.

Afien Wibhawa
Direktur AK Toyota Indonesia