Akademi Komunitas Toyota Indonesia telah memenangkan banyak penghargaan baik secara nasional maupun internasional.
Akademi Komunitas Toyota Indonesia memiliki banyak kerjasama yang baik dengan banyak perusahaan di Indonesia.
Akademi Komunitas Toyota Indonesia memiliki staf pengajar yang berpengalaman di bidangnya dan sejumlah penelitian yang berkualitas.
AKTI juga membimbing mahasiswanya sesuai dengan visi Akademi Komunitas Toyota Indonesia di masa depan.
Akademi Komunitas Toyota Indonesia menyediakan fasilitas yang baik bagi mahasiswa untuk mendukung proses belajar mengajar.
Akademi Komunitas Toyota Indonesia tidak hanya fokus mengembangkan generasi bangsa di bidang akademik.
Program Studi
Teknik Pemeliharaan Mesin Otomasi merupakan perpaduan/kombinasi bidang ilmu antara Teknik Pemeliharaan Mesin Industri dan Teknik Otomasi. Perpaduan dua bidang tersebut melahirkan bidang imu yang mampu mengimplementasikan pemeliharaan, perawatan, dan improvement terhadap mesin dan peralatan industri baik yang bersifat manual maupun otomatis (dikontrol oleh program) Teknik Perawatan Mesin Industri fokus pada kegiatan untuk menjaga, memelihara, mempertahankan, mengembangkan dan memaksimalkan daya guna dari segala peralatan dan sarana yang ada di industri sehingga modal/investasi yang ditanam dapat berhasil guna dan berdaya guna tinggi secara ekonomis. Ruang lingkup perawatan sangat tergantung dari besarnya/ banyaknya sarana dan prasarana dalam suatu lembagan, institusi, industri/ perusahaan serta di pengaruhi oleh kebijakan-kebijakan tertentu. Fungsi perawatan adalah menyelenggarakan teknik-teknik pemeliharaan dan perlindungan dari segala macam kegiatan produksi, non-produksi yang ada dalam lembaga, intitusi, atau perusahaan tersebut.
Menjadi Progam Studi yang unggul dalam bidang Teknik Pemeliharaan Mesin Otomasi pada tahun 2025 untuk menghasilkan lulusan yang tanggap (perceptive), tangkas (agile), dan tangguh (perseverance) sebagai fondasi dalam rangka mendukung perkembangan Industri Otomotif Indonesia.
1. Menyelenggarakan Program Pendidikan proses Pemeliharaan Mesin Otomasi
untuk Industri Otomotif di Indonesia melalui sistem Pendidikan tinggi
yang terencana dan terintegrasi dalam kurikulum yang dinamis, sesuai
dengan kebutuhan pasar/user dengan tanggap (perceptive), tangkas
(agile), dan tangguh (perseverance) sebagai fondasi dalam rangka
mendukung perkembangan Industri Otomotif Indonesia.
2. Melaksanakan Penelitian untuk meningkatkan standar teknologi dalam
bidang Pemeliharaan Mesin Otomasi Industri Otomotif di Indonesia, dengan
tanggap (perceptive) , tangkas (agile), dan tangguh (perseverance)
sebagai fondasi dalam rangka mendukung perkembangan Industri Otomotif
Indonesia ke depan.
3. Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk meningkatkan
keahlian dan taraf hidup masyarakat Indonesia khususnya pada bidang
Pemeliharaan Mesin Otomasi untuk dapat memajukan pada Industri Otomotif
dengan tanggap (perceptive) , tangkas (agile), dan tangguh
(perseverance).
4. Menyelenggarakan Kegiatan Kemitraan dengan Industri yang mendukung
penyerapan lulusan dan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
1. Menghasilkan lulusan yang unggul pada proses pemeliharaan mesin otomasi untuk
industri otomotif di indonesia dengan sikap tanggap (perceptive) , tangkas (agile), dan
tangguh (perseverance)
2. Menghasilkan penelitian dalam meningkatkan standar teknologi dalam bidang
pemeliharaan mesin otomasi industri otomotif di indonesia, dengan tanggap (perceptive) ,
tangkas (agile), dan tangguh (perseverance) sebagai fondasi dalam rangka mendukung
perkembangan Industri Otomotif Indonesia.
3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mengingkatkan keahlian dan
taraf hidup masyarakat indonesia khususnya pada bidang pemeliharaan mesin otomasi untuk
dapat memajukan pada industri otomotif, dengan tanggap (perceptive) , tangkas (agile),
dan tangguh (perseverance).
4. Menghasilkan kegiatan kemitraan dengan industri yang mendukung penyerapan lulusan dan
kegiatan tridharma perguruan tinggi.
1. a. Sistem penerimaan mahasiswa baru yang bermutu
b. Penanganan bakat dan minat mahasiswa
c. Pengelolaan sumber daya manusia
d. Pengawasan internal dengan sistem penjaminan mutu
e. Pemenuhan sarana dan prasarana yang mendukung pada visi
f. Penguatan dengan lulusan yang tanggap (perceptive), tangkas (agile), dan
tangguh (perseverance)
2. Penataan dan pemantapan tata kelola sub bagian Penelitian
3. Penataan dan pemantapan tata kelola sub bagian pengabdian kepada masyarakat
4. Kerjasama dengan dunia industri untuk serapan lulusan dan
5. Kegiatan praktek kerja di industri
Tata Operasi Perakitan Kendaraan Roda 4 (TOPKR4) Program Studi yang diusulkan adalah Tata Operasi Perakitan Kendaraan Roda 4 (empat) untuk Jenjang Pendidikan Diploma 2 dengan gelar lulusan Ahli Muda. Untuk mencapai hasil pembelajaran mahasiswa melewati proses pembelajaran sebanyak 75 SKS. Untuk mendukung proses pembelajaran maka diperlukan dosen yang kompeten sesuai dengan pendidikan dan pelatihan yang dijalaninya.
Menjadi progam studi yang unggul pada tahun 2040 dalam proses perakitan kendaraan roda 4 untuk menghasilkan lulusan yang tanggap (perceptive), tangkas (agile) dan tangguh (perseverance) yang relevan terhadap perkembangan industri manufaktur.
1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dalam proses perakitan kendaraan roda 4 untuk
menghasilkan lulusan yang tanggap, tangkas dan tangguh yang relevan terhadap
perkembangan industri.
2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada peningkatan produktifitas dalam
proses perakitan kendaraan roda 4
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, khususnya pada proses perakitan
kendaraan roda 4
4. Menyelenggarakan kerjasama kemitraan yang mendukung pada ketercapaian Tri Dharma
Perguruan Tinggi.
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan tanggap (perceptive), tangkas (agile)
dan tangguh (perseverance) pada proses perakitan kendaraan roda 4
2. Menghasilkan penelitian yang berorientasi pada peningkatan produktivitas proses
perakitan kendaraan roda 4
3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya pada proses perakitan
kendaraan roda 4
4. Menghasilkan kerjasama kemitraan yang mendukung pada ketercapaian Tri Dharma
Perguruan Tinggi
1. Meningkatkan mutu pembelajaran berbasis industri di PT.TMIIN/supplier Toyota
2. Mengoptimalkan penggunaan sarana prasarana di lingkungan kampus maupun asrama serta
di lingkungan plant untuk meningkatkan visi TOPKR4
3. Meningkatkan penelitian, PkM, dosen yang melibatkan instruktur dan mahasiswa
4. Meningkatkan hasil penelitian, PkM berbasis problem solving
5. Melaksanakan kerjasama kemitraan